Minggu, 12 Mei 2013

Mesin Induk Diesel Kapal Laut Terbesar di Dunia


Apabila 7- keajaiban didunia diabad ke 21 ini ditambahkan, maka Wartsila Sulzer RTA96-C turbocharged dua-tak mesin diesel kapal ini dapat dimasukkan sebagai salah satu keajaiban didunia. Melihat dan memperhatikan angka-angka sebagai ukuran-ukuran mesin ini dibandingkan dengan ukuran mesin-mesin  yang ada sekarang ini. Bukan saja ukuranya yang besar-besar juga mesin raksasa ini sangat efficient dalam pembakaran bahan bakarnya.
Mesin raksasa ini yang dirancang sebagai mesin penggerak kapal-kapal tanker ukuran raksasa dan kapal-kapal peti kemas yang luar biasa besarnya ukuran maupun  daya angkutnya, mempunyai jumlah dari 6 cylinders -in-line sampai ke mesin dengan jumlah cylindernya 14 buah. Besar ukuran cylindernya 38 inci dengan kepanjangan geraknya dari 98 inci. Setiap cylinder mempunyai kapasitas 111,143 cubicinches.(1820 liter bukannya "cc"!) menghasilkan 7780 daya kuda. Jumlah ruang bakarnya dapat menampung 1,558.002 cubic inches atau 25,480 liter untuk mesin yang bercylinder 14 buah.

Panjangnya mesin ini adalah 89 feet dengan ketinggian dari 44 feet. Berat mesin ini keseluruhannya berbobot 2300 tons -  Berat dari "crankshaft"-nya saja seberat 300 tons.

Mesin RTA96C-14 ini dapat menghasilkan tenaga maximum dari 108,920 dayakuda pada putaran 102 rpm dan sangat efficient dalam pembakaran bahan bakarnya dimana mencapai angka 50% thermal efficiency. Yang berarti bahwa 50% dari bahan bakar yang dibakar itu menjadi tenaga penggerak. Dengan Brake Specific Fuel Consumption (BSFC) pada titik maximumnya adalah 0.278 lbs/hp/hr

Para pemilik kapal lebih senang dengan mesin kapal berbaling-baling tunggal. Mesin baru diperlukan yang mempunyai tenaga lebih besar untuk menjadi mesin penggerak kapal ukuran raksasa. Pilihan jatuh dengan mesin bercylinder 14 buah.berurutan  (14-cylinder-in-line low speed)

Mesin RTA96C-14 turbocharged dua tak diesel buatan Wartsila-Sulzer dari Swiaa merupakan mesin penggerak kapal yang paling besar dan paling besar tenaganya didunia sekarang ini.

Mesin 14 cylinders RTA96C-14 melampui dari 80 MW, cukup tenaga untuk menjadi mesin penggerak kapal peti kemas raksasa dilihat dari segi efficiency-nya. Juga perusahaan ini berhasil menaikkan tenaga yang dihasilkan per cylinder, sejak tahun 1997. Ini adalah berkat dari pengalaman dalam usaha-usaha pemeliharaan mesin-mesin jenis ini  yang mana banyak dipakai sebagai mesin tenaga penggerak kapal-kapal jenis kapal peti kemas raksasa. Dari pengalaman ini Sulzer berhasil menaikkan tenaga yang diperoleh dari mesin-mesin besar ini sebesar 68,640 kW, kenaikan sebesar 4 percent untuk mesin RTA96C-14.hours.

 
The 300 ton crankshaft spins at 102rpm for maximum power

This is where the crankshaft goes

 
Sans cylinders

 
Mesin seri Wärtsilä-Sulzer RTA96-C (turbocharged diesel engine):
-Memiliki 14 silinder
-Output Power 80.080 kW atau 108.920 bhp.
-memiliki dimensi selebar 26,7 meter dan tinggi 13,2 meter (kira-kira segede bangunan apartemen kecil).
Mesin pertama dari jenis RTA96C ini diproduksi pad tahun 1997 bulan Maret, dengan jumlah cylinder 11 buah. Sejak itu telah diproduksi sejumlah 86 buah mesin RTA96C dengan jumlah cylinder dari delapan, sembilan, sepuluh, sebelas dan duabelas cylinder. 25 mesin jenis RTA96C sekarang ini menjadi mesin penggerak kapal-kapal ukuran besar yang mengarungi samudra. dan saat ini pabriknya mempertimbangkan versi dengan 18-silinder.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar